Acara pada Rabu (16/10/.2019) ini merupakan kolaborasi antara Sinar Mas Land dengan OneSmartServices dan IDC Indonesia.

Dengan fokus pada transformasi digital, acara ini dihadirkan dalam dua sesi yang membahas tentang tren digitalisasi di dunia bisnis real estat dan bagaimana para pelaku bisnis saling terhubung satu sama lain.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya transformasi digital yang harus dimanfaatkan dalam pengembangan hunian dan perkotaan, demikian  penjelasan Sinar Mas Land melalui siaran pers.

Irvan Yasni, CEO Technology Business Sinar Mas Land, menjelaskan bahwa transformasi digital menjadi aspek yang mendorong perubahan-perubahan signifikan dalam kehidupan manusia.

Perubahan akibat digitalisasi dan perkembangan teknologi terlihat dari makin pentingnya teknologi dalam kehidupan manusia termasuk pula dalam industri properti dan pengembangan kota, karena pemanfaatan teknologi dan digital memberikan kebaikan bagi pebisnis dan penghuninya.

Kebutuhan pelanggan, tren, dan pola kehidupan akan terus bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan teknologi sehingga pengembang kota dan pelaku bisnis juga harus terus beradaptasi selaras.

Menurut Irvan Yasni, industri properti dan pengembangan kota terdorong menjadi semakin baik karena adanya transformasi digital.

Oleh karena itu, penggunaan teknologi platform ke-3 seperti Cloud, Mobilitas dan Big Data Analytics, serta Internet of Things (IOT) dan Kecerdasan Buatan dianggap sebagai penggerak utama pengembangan ekosistem masa depan.

Disertai dengan memberikan inovasi dan terus mengutamakan kemudahan bagi pelanggan, sistem perkotaan cerdas akan menjadi masa depan yang memberikan kesempatan lebih luas bagi pengembang.

Dalam acara Connected Real Estate, untuk menawarkan pemahaman dan solusi dari transformasi digital bagi perusahaan properti, selain Irvan Yasni, berbicara pula antara lain Mevira Munindra (IDC), Harwianto Tjhin (Agung Sedayu Group), Gary Su (Hitachi), dan Raymond Ang (Acer).

Irvan Yasni mengakui transformasi digital seperti angin segar bagi Sinar Mas Land sebagai pengembang perkotaan dan penghuninya.

“Mengapa? Contohnya perusahaan memanfaatkan Big Data sehingga kami bisa mengetahui pola atau tren perumahan yang diinginkan masyarakat. Jadi, ketika perusahaan bisa memanfaatkan transformasi ini, perusahaan dan pelanggan sama-sama mendapatkan manfaat,” paparnbya.

Hal itulah, menurutnya, yang menjadi salah satu alasan Sinar Mas Land sangat semangat mengembangkan perkotaan berbasis digital dan teknologi. “Dengan teknologi dan inovasi, perusahaan terus relevan bagi kebutuhan pelanggan. Untuk itu, Sinar Mas Land menggunakan jasa dari OneSmartServices.”

Ramadhanny Herlambang, Chief Technology Officer OneSmartServices, mengatakan pola perkotaan masa depan adalah smart city yang akan memanfaatkan inovasi-inovasi teknologi terbaru.

Oleh karena itu, tuturnya, ada kebutuhan bagi pelaku industri properti untuk beradaptasi, berinovasi, atau mengembangkan model bisnis baru agar dapat relevan dengan kemajuan zaman.

“Nantinya, pemanfaatan digital dalam perkotaan akan mewujudkan ekosistem yang cerdas dan terhubung sehingga memberi kehidupan yang lebih baik. Kami berusaha berbagi pengetahuan ini dan menawarkan solusi bagi perusahaan properti dalam memanfaatkan transformasi digital,” lanjutnya.

Connected Real Estate mempertemukan IT manager dari berbagai perusahaan properti di Indonesia untuk saling bertukar ide dan solusi dalam mempersiapkan transformasi digital.

Acara ini dibagi menjadi dua sesi yakni sesi presentasi yang bertema “Digital Transformation in Real Estate Business” yang menjelaskan tentang bagaimana transformasi digital berdampak juga bagi bisnis properti di Indonesia.

Sesi kedua adalah diskusi panel yang bertema “Reinvent How Real Estate Connects” yang diisi oleh nama-nama besar pelaku industri properti.

OneSmartServices sendiri merupakan layanan teknologi digital yang menyediakan layanan strategis dari konsultasi teknologi, jaringan internet, cloud system, hingga arsitektur jaringan IT dalam berbagai skala. 

OneSmartServices mendukung Sinar Mas Land di BSD City dalam transformasi menjadi integrated smart digital city. OneSmart Services menghadirkan pelayanan cloud dan penyediaan aplikasi mobile terintegrasi dan dapat diakses seluruh warga BSD City.

Aplikasi tersebut berupa e-wallet, community platform, loyalty programs, dan business performance management solutions.

Selain itu, OneSmart Services mengembangkan infrastruktur jaringan fiber optik yang memperkuat keunggulan BSD City karena didukung akses internet dan kecepatan pengiriman data, high resiliencies fiber backbone, serta keterbukaan akses untuk fleksibilitas.

Source: Ekonomi Bisnis

Get your free trial smart business solution now!

Register Now